6 Langkah Atur Keuangan Untuk Bisa Beli Mobil

Membeli mobil merupakan salah satu keputusan finansial yang besar bagi sebagian orang. Diperlukan persiapan yang matang untuk membeli mobil, khususnya dalam keadaan baru. Dana yang tidak sedikit diperlukan untuk Anda yang ingin beli secara cash maupun memilih kredit mobil.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah mengatur keuangan untuk bisa membeli mobil. Simak sampai akhir untuk bisa memahami seluruh informasinya.



Langkah-langkah Mengatur Keuangan Untuk Beli Mobil

1.     Mendapatkan Pemasukan yang Stabil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan pemasukan yang stabil. Pemasukan yang stabil mengantisipasi goyahnya kondisi finansial atau keuangan. Pemasukan yang stabil lebih penting dari pemasukan yang besar.

Dengan pemasukan yang stabil, Anda bisa membuat rencana finansial dan mempraktikkannya dengan lebih mudah.

2.     Berinvestasi di Beberapa Aset

Kalau sudah punya pemasukan yang stabil, gunakan sebagian dari pemasukan tersebut untuk berinvestasi. Investasi tidak hanya bertujuan untuk menambah pundi-pundi uang, tetapi juga menjamin keamanan uang yang sudah dimiliki.

Berinvestasi juga sebaiknya dilakukan di beberapa aset yang berbeda. Hasil dari investasi bisa diandalkan kalau-kalau nantinya ada masalah pada pemasukan.

3.     Menabung

Untuk bisa membeli mobil, menabung merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya tabunglah sebagian dari penghasilan dan jangan menunggu dari sisa penghasilan tersebut untuk ditabung.

Kalau sudah punya tabungan dalam jumlah besar, jangan terburu-buru membeli mobil. Pastikan tabungan sudah melebihi harga mobil yang diinginkan.

4.     Menyiapkan Dana Darurat

Punya tabungan saja masih belum cukup, Anda juga harus punya dana darurat. Dana darurat sebaiknya disiapkan untuk berjaga kalau tiba-tiba Anda sakit, membantu keluarga atau kerabat, atau memperbaiki barang yang rusak.

Dana darurat sebaiknya disisihkan setiap bulan, sama seperti menyisihkan uang untuk tabungan. Pisahkan saja posnya.

5.     Siapkan Anggaran Khusus untuk Mobil

Punya mobil tidak hanya butuh uang untuk pembelian saja. Mobil juga membutuhkan anggaran untuk membeli bahan bakar, perawatan, asuransi, dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda memisahkan pos keuangan khusus untuk mobil dengan pos keuangan lainnya. Hal ini dilakukan supaya keuangan tidak terganggu.

6.     Menggunakan Jasa dari SEVA

Kenapa harus menggunakan jasa SEVA ketika akan membeli mobil? SEVA merupakan salah satu produk dari Astra Finansial yang melayani pembelian mobil secara online. Tidak hanya menyediakan pilihan mobil, SEVA juga siap membantu Anda dari segi finansial.

SEVA dapat membantu Anda memilih mobil yang sesuai dengan preferensi serta finansial. Platform yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur Instant Approval yang mempermudah konsumennya membuat rencana skema pembiayaan kendaraan sesuai dengan kondisi keuangannya.

Mengatur keuangan untuk membeli mobil bukanlah hal yang sulit. Yang terpenting adalah siapkan rencana dan tetap tegas terhadap diri sendiri supaya bisa disiplin. Jangan lupa menggunakan SEVA untuk mendapatkan mobil baru terbaik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.