Fintech Lending Indonesia, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Bisa dikatakan bahwa saat ini teknologi keuangan semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan tersebut tentu akan semakin memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan termasuk yang berhubungan dengan pinjaman. Nah, pernahkah Anda mendengar tentang Fintech Lending Indonesia?




Pertumbuhan teknologi keuangan yang terjadi memberikan akses yang lebih mudah bagi para masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman, terutama para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan modal. Dengan menggunakan teknologi tersebut, pemrosesan pinjaman bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tentu saja tanpa ribet.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang Fintech lending yang menjadi teknologi keuangan baru di Indonesia serta bagaimana cara kerja dari teknologi ini. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!


Pengertian Fintech Lending


Fintech merupakan kependekan dari financial technology atau yang di masyarakat kerap disebut dengan pinjaman online. Pinjaman ini akan memberikan layanan kepada Anda yang memerlukan bantuan keuangan, baik untuk modal ataupun pengembangan usaha melalui bantuan pendanaan.


Seiring dengan banyaknya pelaku UMKM dan usaha lainnya yang memerlukan modal, tentu saja Fintech ini bisa menjadi salah satu solusi, terutama di masa pandemi yang belum selesai ini. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengajuan yang perlu dilakukan.


Nah, dalam pengertian singkat, Fintech lending merupakan platform online atau aplikasi yang menyediakan fasilitas kepada pemilik dana atau disebut lender agar bisa memberikan pinjaman kepada para peminjam atau borrower secara langsung melalui teknologi digital yang tersedia.


Dalam hal ini, Anda sebagai peminjam nantinya bisa mengajukan permohonan pinjaman secara langsung melalui sebuah aplikasi. Hanya saja, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipahami sebelumnya untuk mengajukan pinjaman tersebut. Nantinya, Anda akan mengembalikan dana yang dipinjam tersebut sesuai aturan yang disepakati.


Proses ini bisa dijalankan dengan cukup cepat. Memang, proses yang cepat juga menjadi daya tarik dari Fintech sehingga banyak orang yang akhirnya memilih teknologi ini untuk mendapatkan modal tambahan dalam pengembangan usaha yang dimiliki. Sementara itu, pihak yang menjadi peminjam atau lender bisa merupakan perorangan ataupun juga perusahaan.


Bagaimana Cara Kerja dari Fintech Lending?


Perlu diketahui bahwa platform Fintech lending tidak hanya menyediakan produk pinjaman saja. Produk lain yang disediakan adalah pendanaan yang bisa dilakukan oleh siapa saja.


Dalam hal ini, pihak lender ataupun pihak borrower perlu mengetahui bagaimana cara kerja dari Fintech lending. Ya, pemahaman tentang cara kerja menjadi hal yang penting agar nantinya apa yang menjadi keinginan bisa terpenuhi dengan baik.


Nah, adapun gambaran cara kerja dari Fintech lending diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Pengguna aplikasi baik lender ataupun borrower harus melakukan registrasi sebelumnya untuk mendapatkan keanggotaan secara online baik melalui perangkat smartphone secara langsung atau menggunakan desktop
  • Pengguna aplikasi yang ingin melakukan pinjaman dana atau berperan sebagai borrower bisa melakukan pengajuan pinjaman melalui aplikasi yang digunakan
  • Perusahaan Fintech lending akan melakukan analisis kelayakan terlebih dahulu pada para borrower di mana nantinya termasuk melakukan perhitungan dan juga menetapkan tingkat risiko yang mungkin terjadi
  • Pihak borrower yang berhasil terpilih nantinya berhak untuk mendapatkan pinjaman kemudian akan ditempatkan di marketplace Fintech lending secara online beserta informasi yang lengkap dan komprehensif mengenai profil serta tingkat risiko yang dimiliki
  • Lender dari Fintech lending selanjutnya akan melakukan proses analisis terhadap profil borrower tersebut sebagaimana yang tercantum dalam marketplace yang disediakan oleh aplikasi
  • Lender akan memberikan pinjaman atau pendanaan pada borrower yang terpilih melalui aplikasi yang digunakan
  • Borrower memiliki kewajiban guna mengembalikan pokok pinjaman yang diberikan berikut imbal hasil kepada Fintech lending sesuai dengan peraturan yang berlaku
  • Setelah mendapatkan dana pengembalian dari borrower, nantinya pemilik dana atau lender juga akan mendapatkan pengembalian dana tersebut melalui aplikasi atau platform online yang disediakan perusahaan penyelenggara

Beberapa poin di atas adalah bagaimana cara kerja dari Fintech lending tentang pinjaman yang diberikan. Jika disimak, konsep Fintech lending ini sebenarnya cukup sederhana.


Nah, dengan memahami cara kerja dan juga segala risiko yang ada di dalamnya, Fintech lending bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan tambahan modal. Hanya saja, tentu Anda perlu memilih Fintech Lending Indonesia yang terpercaya.


Deskripsi: Fintech lending Indonesia bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan pinjaman dana. Namun, Anda perlu mengetahui bagaimana hal tersebut bekerja.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.